Home » Wisata » 6 Jembatan Gantung Dengan Pemandangan Cantik Di Indonesia

6 Jembatan Gantung Dengan Pemandangan Cantik Di Indonesia

Selain berfungsi sebagai penghubung antara wilayah satu dengan wilayah lainnya, jembatan gantung yang menggunakan tumpuan ketegangan kabel pada sisi tiang-tiang konstruksinya ini, bahkan menjadi icon dari wilayah tersebut. Di berbagai wilayah di Indonesia sendiri, dikenal memiliki banyak sekali jembatan gantung, terutama yang mayoritas wilayahnya berupa perairan yang bisa kita temukan di bagian selatan dan timur Indonesia.

Bahkan, banyak wisatawan yang sengaja berfoto dengan latar belakang pemandangan jembatan gantung iconic sebagai kenang-kenangan karena sudah pernah mengunjungi daerah tertentu. Jika jadwal pesawat online Anda kebetulan menuju tempat-tempat dengan jembatan ikonik berikut, jangan sampai lupa untuk mengambil banyak foto ya.

  • Jembatan Barito – Kalimantan Selatan

Photo: Lihat.co.id

Jembatan Barito merupakan sebuah jembatan gantung dengan panjang  1.082 meter. Jembatan ini memiliki fungsi sebagai jembatan penghubung wilayah Kecamatan Anjir Muara dengan Kecamatan Alalak yang berada di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Sebagai wilayah yang dikelilingi oleh aliran anak sungai, jembatan Barito yang berdiri tegak dan kokoh ini berada diatas aliran Sungai Barito, kota Banjarmasin. Pada sore hari, akan banyak sekali masyarakat setempat yang menghabiskan waktu di sekitaran jembatan gantung ini, baik untuk sekedar menikmati pemandangan, berfoto selfie, ataupun sambil menikmati suasana senja di pinggiran sungai Barito.

  • Jembatan Palu IV – Palu

Source : Mandrapahlawa.blogspot.com

Jembatan yang berada di kota Palu ini memiliki struktur bangunan yang unik, dengan lengkungan setengah lingkaran, jembatan di Cat dengan warna kuning dan akan terlihat sangat cantik saat malam hari. Tahukah anda, ternyata jembatan Palu IV ini merupakan jembatan gantung dengan kontruksi lengkungan pertama di Indonesia, dan merupakan jembatan ketiga di dunia setelah Jepang dan Perancis yang juga menggunakan pola kontruksi yang sama! Karena keunikannya, jembatan Palu IV juga menjadi ikon resmi dari kota Palu. Saat berada di kota Palu, sempatkanlah untuk melihat dan berfoto di jembatan gantung ini ya.

  • Jembatan Barelang – Batam

Source : bpbatam.go.id

Jembatan Barelang yang berada di kepulauan Batam ini, merupakan jembatan gantung yang paling iconic di Indonesia. Bagaimana tidak, jembatan ini menghubungkan 6 pulau sekaligus, yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru. Dengan keunikan dan keeksotisannya, anda bahkan bisa menikmati indahnya pemandangan kepulauan Batam dari atas jembatan gantung ini. Dan bukan hanya itu, dari atas jembatan Barelang ini, anda bisa menikmati pemandangan laut China Selatan dengan sangat jelas, karena itulah, jembatan Barelang disebut sebagai salah satu jembatan gantung paling indah di Indonesia.

  • Jembatan Suramadu – Surabaya

Photo: pergipiknik.com

Siapa yang tidak kenal dengan jembatan Suramadu? Jembatan gantung yang berukuran sangat besar dan paling panjang ini,  mampu menghubungkan dua wilayah sekaligus, yaitu kota Surabaya dengan pulau Madura. Dengan dibangunnya jembatan Suramadu ini, sangat membantu masyarakat setempat dalam melakukan perjalanan dari dan ke Surabaya – Madura.

Selain panjang jembatannya yang mencapai 5.438 meter, keindahan arsitektur jembatan gantung Suramadu ini juga menjadi primadona dan ikon baru bagi obyek wisata di daerah setempat. Jembatan Suramadu akan terlihat sangat indah dan cantik ketika sore dan malam hari. Pesona lampu – lampu penerang yang mengelilingi jembatan gantung ini membuat pemandangan sekitar terlihat begitu menakjubkan.

  • Jembatan Ampera – Palembang

Photo: adipurarent.com

Satu lagi jembatan iconic di Indonesia, siapa yang tidak pernah dengar jembatan Ampera yang berada di Kota Pelambang? Bahkan anda bisa dibilang belum pergi ke Palembang, jika belum mengunjungi jembatan yang menjadi ikon kota empek-empek ini. Area sekitar jembatan Ampera yang memiliki panjang 1.117 meter ini juga digunakan sebagai lokasi wisata yang dikelola oleh pemerintah setempat. Jika di siang hari Jembatan ini terlihat begitu gagah dengan berdiri diatas Sungai Musi, maka ketika malam hari Jembatan Ampera ini akan semakin terlihat begitu cantik dengan hiasan lampu-lampu penerang yang membuat siapapun betah untuk berlama-lama.

  • Jembatan Kutai Kartanegara – Kutai Kartanegara

Photo: kompasiana.com

Jembatan Kutai Kartanegara merupakan jembatan yang menghubungkan antara kecamatan Tenggarong dengan kecamatan Tenggarong Seberang yang berada di wilayah Kutai Kartanegara. Tahukah anda, bahwa hembatan ini pernah rubuh pada tahun 2011 lalu, dan mengakibatkan jatuhnya banyak korban ketika itu. Dan pada Desember tahun 2015, jembatan Kutai Kartanegara kembali dibangun. Arsitektur jembatan yang membentang diatas Sungai Mahakam dengan panjang 710 meter ini juga dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu yang terindah di Indonesia.

Sangat unik dan begitu menarik bukan? Berwisata ke jembatan yang menjadi ikon sebuah kota, selain anda bisa menikmati keindahan lanskap alam setempat, anda juga dapat berbincang dengan warga setempat, siapa tahu dari perbincangan tidak sengaja itu anda bisa mendapat tour guide lokal yang bisa mmebawa anda berwisata ke tempat-tempat menarik di daerah sekitar. Cukup dengan membeli tiket Batik Air dan cek jadwal pesawat online untuk bisa berkunjung ke berbagai wilayah di Indonesia yang memiliki jembatan gantung sebagai ikon kotanya.

Melakukan perjalanan ke berbagai penjuru tanah air kini jauh lebih mudah dan praktis. Cukup buka handphone, cek jadwal pesawat online dan lakukan booking tiket Batik Air yang menyediakan rute penerbangan langsung menuju kota-kota besar di seluruh Indonesia. Lakukan pemesanan tiket secara online melalui situs Reservasi.com saja. Selamat berwisata!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *